Bolehkah Penderita Diabetes Makan Jagung

17 Apr

Bolehkah Penderita Diabetes Makan Jagung,- Jagung adalah salah satu tanaman pangan penghasil karbohidrat yang terpenting di dunia, selain gandum dan pagi. Karena jagung termasuk makanan yang tinggi karbohidrat, lantas mereka yang mengalami diabetes menghindari jenis makanan yang satu ini.

Bolehkah Penderita Diabetes Makan Jagung

Bolehkah Penderita Diabetes Makan JagungJagung sangat nikmat apabila dikonsumsi dengan cara dibakar, karena miliki cita rasa yang manis. Namun, karena rasa yang manis inilah penderita diabetes sangat tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi jagung maupun makanan dari olahan jagung. Tetapi, tahukah Anda, ternyata rasa manis yang terdapat dalam jagung bukan merupakan glukosa atau sukrosa yang bisa terdapat pada gula tebu, yang jika dikonsumsi dalam jumlah banyak bisa menyebabkan diabetes bagi penikmatnya.

Jagung mengandung fruktosa, fruktosa sendiri adalah sejenis polimer gula atau sering disebut gula buatan yang menjadikan orang dengan diabetes diperbolehkan untuk mengkonsumsinya. Karena fruktosa ini merupakan gula kompleks yang tidak langsung dicerna oleh alat pencerna manusia, tetapi harus diolah dulu menjadi hula sederhana. Sebelum fruktosa tercerna, biasanya sudah terbuang bersama urin, sehingga tidak terserap tubuh.

Bolehkah Penderita Diabetes Makan JagungTidak hanya itu, jagung manis ternyata memiliki nilai nutrisi yang sangat baik dibandingkan dengan jagung biasa. Dalam 100 gram jagung mengandung 355 kalori, 9.2 gram protein, 3.9 gram lemak, 73.7 gram karbohidrat, 10 mg kalsium, 256 mg fosfor, 2.4 mg zat besi, 510 SI vitamin A, 0.39 mg vitamin B1, dan 12 gram Air.

Cara Aman Mengkonsumsi Jagung Untuk Penderita Diabetes

Jagung memang kaya akan zat pati dan karbohidrat yang dapat dengan cepat meningkatkan kadar gula darah. Tapi boleh-boleh saja jika Anda yang mengalami diabetes namun ingin tetap mengkonsumsinya, namun hanya saja porsinya harus tetap diperhatikan.

Konsumsi setengah cangkir jagung yang sudah di masak atau setengan dari tongkol jagung yang mengandung 15 gram karbohidrat. Anda juga bisa mengkonsumsinya bersamaan dengan makanan yang mengandung protein atau lemak untuk mengurangi efek dari karbohidrat.

Dari penjelasan di atas dapat kita simpulkan, bahwa jagung boleh dikonsumsi oleh penderita diabetes, dengan catatan porsinya harus tetap terjaga dan diimbangi dengan makanan sehat lainnya.

Semoga artikel ini bermanfaat, salam sehat.

Posted by Obat Penyakit Asma Bronkial

Baca juga : Obat Tradisional Penyakit Diabetes

Bolehkah Penderita Diabetes Makan Jagung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *