Beras Merah Makanan Pokok Yang Ampuh Turunkan Gula Darah

25 Apr

Beras Merah Makanan Pokok Yang Ampuh Turunkan Gula Darah,- Mengalami diabetes berarti Anda harus bijak dalam memilih karbohidrat agar kadar gula darah tidak melonjak. Beras merah adalah pilihan terbaik yang bisa Anda konsumsi sebagai pengganti nasi putih.

Beras Merah Makanan Pokok Yang Ampuh Turunkan Gula Darah

Beras Merah Makanan Pokok Yang Ampuh Turunkan Gula DarahDari segi popularitas, beras merah kalah jauh dibanding beras putih. Dari segi rasa, beras putih juga lebih enak karena rasanya lebih manis. Namun jika dilihat dari kandungan nutrisinya, beras merah memiliki kandungan gizi yang lebih tinggi. Meski sama-sama beras, namun secara genetik beras merah dan beras putih berbeda.

Warna merah pada beras merah berasal dari zat warna alami antosianin yang mempunyai sifat antioksidan, anti-kanker, anti-hipertensi, dan anti-hiperglikemik. Beras merah umumnya merupakan beras tumbuk (pecah kulit) yang dipisahkan bagian sekamnya saja. Proses ini hanya sedikit merusak kandungan gizi beras. Sedangkan beras putih umumnya merupakan beras giling atau poles, yang bersih dari kulit ari.

Dalam 1 cangkir nasi beras merah tumbuk mengandung 216,45 Kalori, 88% kecukupan harian (daily value – DV) mineral mangan, 27% DV selenium, 21% DV magnesium, 18,8% DV asam amino triptofan, 3,5 gram serat (beras putih mengandung kurang dari 1 gram), dan kandungan proteinnya 2-5% lebih tinggi dari beras putih. Selain itu, beras merah juga mengandung asam lemak alfa-linolenat, zat besi, vitamin B kompleks, dan vitamin A.

Beras merah adalah biji-bijian yang kaya akan kandungan magnesium, kandungan mineral pada beras merah juga berfungsi sebagai faktor pendorong untuk lebih dari 300 enzim, termasuk enzim yang terlibat dalam penggunaan glukosa dan sekresi insulin tubuh.

Beras Merah Makanan Pokok Yang Ampuh Turunkan Gula DarahPenelitian terbaru menunjukan bahwa konsumsi rutin beras merah dapat mengurangi risiko diabetes tipe 2. Dalam studi yang melibatkan 41.186 wanita kulit hitam, data penelitian mengkonfirmasi hubungan terbaik antara magnesium, kalsium dan sumber makanan utama terkait diabetes tipe 2 yang telah dilaporkan terjadi pada populasi kulit putih. Risiko diabetes tipe 2, 31% lebih rendah pada wanita kulit hitam yang sering mengkonsumsi beras merah.

Hasil penelitian menunjukan beras merah mengandung lebih banyak serat alami dan berbagai macam vitamin, seperti vitamin A dan B dibandingkan dengan beras putih. Disamping itu, kandungan gizi beras merah bisa mencukupi kebutuhan nutrisi harian hampir mencapai 88% untuk mineral seperti mangan dan magnesium. Beras merah juga kaya akan zat besi dan asam lemak sehat yaitu alfa linoleat yang dibutuhkan untuk mendukung aktifitas sel tubuh.

Karbohidrat yang terkandung dalam beras merah tergolong sebagai karbohidrat kompleks. Beras merah juga mengandung semacam antioksidan yang disebut antosianin, yang memiliki berbagai fungsi termasuk anti kanker serta anti-hiperglikemik (tidak mengakibatkan gula darah naik).

Karbohidrat kompleks memiliki sifat lebih sulit dicerna sehingga tidak mudah terurai menjadi glukosa dan meningkatkan tingkat gula darah, karbohidrat juga membuat rasa kenyang lebih lama. Antosianin dalam beras merah juga berperan aktif untuk mencegah agar kadar gula darah tidak naik, mineral magnesium dapat membantu mengatur produksi insulin sehingga tubuh bisa mengatur kadar gula darah dengan lebih baik lagi.

Semoga artikel ini bermanfaat, salam sehat

Posted by Obat Penyakit Asma Bronkial

Baca juga : Obat Diabetes Herbal

Beras Merah Makanan Pokok Yang Ampuh Turunkan Gula Darah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *