Bahaya Kista Pada Ibu Hamil

30 Des

Bahaya Kista Pada Ibu Hamil,- Kebanyakan wanita akan merasa cemas bila dokter mendiagnosis terdapat kista dalam tubuhnya. Apalagi untuk ibu hamil, mendengar ada kista saat kehamilan bisa menimbulkan rasa khawatir yang berlebihan dan stres saat kehamilan. Kista pada masa kehamilan mungkin sudah ada sebelum ibu positif hamil tapi belum terdeteksi. Pada kebanyakan kasus, kista baru terdeteksi saat ibu memeriksakan kehamilan. Kista juga bisa muncul dan membesar karena peningkatan hormon Estrogen saat hamil.

Bahaya Kista Pada Ibu Hamil

Kista pada masa kehamilan tidak selalu berdampak negatif pada kehamilan dan janin yang dikandung. Kista yang berukuran kecil tidak akan membahayakan janin dan menimbulkan komplikasi. Namun yang harus diwaspadai jika kista semakin membesar dan menimbulkan gejala yang sangat mengganggu.

Bahaya Kista Pada Ibu HamilKista pada masa kehamilan tidak selalu berdampak negatif pada kehamilan dan janin yang dikandung. Kista yang berukuran kecil tidak akan membahayakan janin dan menimbulkan komplikasi. Namun yang harus diwaspadai jika kista semakin membesar dan menimbulkan gejala yang sangat mengganggu.

Berikut ini beberapa bahaya kista pada ibu hamil, seperti :

  1. Keguguran
  2. Pendarahan
  3. Persalinan prematur
  4. Kelainan letak plasenta
  5. Kelainan letak janin
  6. Terhalangnya jalan lahir
  7. Lemahnya kontraksi rahim saat proses persalinan normal
  8. Perdarahan setelah proses persalinan normal
  9. Gangguan pelepasan plasenta janin saat persalinan normal
  10. Kematian pada janin

Untuk ibu hamil yang menderita kista disarankan untuk melakukan pemeriksaan secara rutin dan intensif. Pemeriksaan dilakukan untuk memastikan apakah kista mengecil dan menghilang atau sebaliknya kista semakin membesar. Pada kebanyakan kasus, kista pada ibu hamil biasanya akan akan mengecil dan menghilang pada usia kehamilan trimester kedua, karena pada umumnya besar kista yang ditemukan adalah kista lutein (kista fungsional) yang tidak memerlukan tindakan operasi. Dan bahkan tidak jarang ditemukan dalam kasus-kasus tertentu, kista akan menghilang setelah proses persalinan.

Itulah bahaya kista pada ibu hamil yang harus diketahui. Semoga informasi mengenai bahaya kista pada ibu hamil bisa memberikan manfaat bagi semua pembaca dan ibu hamil pada khususnya. Salam sehat

Post by Obat Penyakit Asma Bronkial

Baca juga : Tanda dan Gejala Kista Ovarium

Bahaya Kista Pada Ibu Hamil

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *