Bahaya Kafein untuk Penderita Diabetes

24 Feb

Bahaya Kafein untuk Penderita Diabetes,- Kafein adalah senyawa alkaloid xantina yang berbentuk seperti kristal dan berasa pahit. Pada umumnya, kafein dapat mengaktifkan sel saraf pusat, melawan rasa lelah, meningkatkan konsentrasi dan fokus serta penangkal rasa kantuk. Namun lain lahnya, jika kafein ini di konsumsi oleh penderita diabetes, kafein ini akan memberikan dampak yang kurang baik.

Bahaya Kafein untuk Penderita Diabetes

Bahaya Kafein untuk Penderita DiabetesSebuah studi yang diterbutkan dalam jurnal “Effects of Coffe Consumption on Fasting Blood Glucose and Insulin Concentrations” pada tahun 2009, meneliti bagaimana konsumsi kafein yang tinggi secara rutin selama 4 minggu telah terbukti merusak sensitivitas insulin pada penderita diabetes tipe 2.

Juga telah dibuktikan dalam studi lain yang diterbitkan dalam jurnal “Diabetes Care” edisi Agustus 2004 meneliti bagaimana minum minuman berkafein tinggi mempengaruhi metabolisme karbohidrat pada penderita diabetes tipe 2. Mereka menemukan fakta bahwa ketika diabetes tipe 2 mengkonsumsi minuman berkafein dengan makanan yang mengandung karbohidrat menyebabkan glukosa berlebihan dalam darah.

Beberapa orang mungkin mengira bahwa kopi adalah satu-satunya sumber kafein. Tapi tahukah Anda, bahwa banyak makanan dan minuman lain di luaran sana yang mengandung kafein selain kopi seperti :

  • Minuman BersodaBahaya Kafein untuk Penderita Diabetes
  • Cokelat
  • Es Krim
  • Pil Penurun Berat Badan
  • Pil Pereda Nyeri
  • Minuman Penambah Energi
  • Permen Penyegar Napas
  • Kuaci Bunga Matahari

Para peneliti sebelumnya tidak yakin mengapa kafein dapat mempengaruhi kadar glukosa. Namun mereka berteori, kafein dapat mengganggu proses pergerakan glukosa dalam darah ke bagian tubuh yang menggunakan glukosa sebagai bahan bakar. Mereka juga mengatakan, konsumsi kafein juga dapat melepaskan adrenalin dalam tubuh yang diketahui dapat meningkatkan kadar gula darah.

Penemuan dari penelitian yang dilakukan baru-baru ini, tampaknya berseberangan dengan penelitian sebelumnya mengenai kopi dan diabetes. Perlu diambil langkah bijak untuk menyikapi kemungkinan yang muncul dari kesimpulan penelitian yang berbeda tersebut.

Pengaruh kafein pada setiap orang akan berbeda-beda, jika Anda menderita diabetes disarankan untuk membatasi konsumsi kafein dalam makanan dan minuman Anda. Semoga artikel ini bermanfaat, salam sehat.

Posted by Obat Asma Tradisional

Baca juga : Obat Diabetes Mellitus Di Apotik

Bahaya Kafein untuk Penderita Diabetes

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *