Konsumsi Anggur Bisa Bantu Cegah Diabetes

2 Mei

Konsumsi Anggur Bisa Bantu Cegah Diabetes,- Orang dengan diabetes banyak yang menghindari buah karena mengandung banyak gula. Namun sebenarnya tidak semua buah mengandung banyak gula, saya ambil buah anggur sebagai contohnya.

Konsumsi Anggur Bisa Bantu Cegah Diabetes

Konsumsi Anggur Bisa Bantu Cegah DiabetesBuah anggur merupakan pilihan terbaik bagi penderita diabetes yang tetap ingin mengkonsumsi buah. Buah anggur dikenal karena mengandung banyak senyawa polifenol dan resverator yang berperan aktif dalam berbagai metabolisme tubuh, serta mampu mencegah terbentuknya sel kanker dan berbagai penyakit lainnya. Aktivitas ini juga terkait dengan adanya senyawa metabolit sekunder di dalam buah anggur yang berperan sebagai senyawa antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas.

Karbohidrat Buah Anggur

Bagi penderita diabetes, mengkonsumsi makanan dengan banyak karbohidrat bisa membuat gula darah melonjak tinggi. Untungnya, serat, protein dan lemak dapat mengurangi respons ini. Dalam satu metode diet diabetes, diabetes membatasi karbohidrat pada setiap makanan sampai jumlah tertentu berdasarkan tanggapan gula darah khasnya sendiri dan obat dan insulin apa pun yang diminumnya.

Menurut American Diabetes Association, kebanyakan penderita diabetes dapat memulai dengan sekitar 45 sampai 60 g karbohidrat per makanan dan menyesuaikannya seperlunya. Dalam 10 buah anggur, ada sekitar 8,8 g karbohidrat. Sekitar 0,4 g adalah serat dan 7,6 g terdiri dari gula.

Indeks Glikemik pada Buah Anggur

Indeks glikemik menunjukan seberapa cepat dan tinggi gula darah meningkat sebagai respon terhadap makanan yang mengandung karbohidrat tertentu. Beban glikemik memperhitungkan seberapa banyak karbohidrat dalam posi setiap makanan dan juga indeks glikemik makanan itu.

Makanan yang memiliki GI 55 atau lebih rendah tidak akan menyebabkan lonjakan gula darah saat dimakan secukupnya. Sedangkan anggur merah memiliki GI 46, dan menjadikannya sebagai buah yang rendah GI. Anggur turun di tengah grafik indeks glisemik dan memiliki kadar glisemik rendah, karena air dan serat dalam satu porsi anggur memodulasi respon glukosa darah.

Resperatrol, fitokimia yang ditemukan pada kulit anggur merah dapat memodulasi respon glukosa darah dengan mempengaruhi bagaimana tubuh mengeluarkan dan menggunakan insulin serta mengurangi risiko gula darah tinggi pada penderita diabetes. Menurut sebuah artikel yang diterbitkan pada bulan September 2009 di “The Journal Nutrition” Efek ini kemungkinan besar disebabkan oleh kandungan fitokimia termasuk resveratrol, anthocyanin, kuersetin flavanol dan katekin yang terkandung pada anggur.

Jika konsumsi anggur tidak memberikan efek terhadap kadar gula darah Anda, kami rekomendasikan untuk mengkonsumsi obat diabetes yang ampuh mengatur dan menjaga kadar gula darah supaya tetap normal, yang terbuat dari ekstrak teripang emas asli pilihan. Informasi lebih lengkap klik QnC Jelly Gamat.

Semoga artikel ini bermanfaat, salam sehat.

Posted by Obat Penyakit Asma Bronkial

Baca juga : Obat Darah Tinggi Paling Ampuh

Konsumsi Anggur Bisa Bantu Cegah Diabetes

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *