Jangan Anggap Remeh Anemia Pada Ibu Hamil

29 Mei

Jangan Anggap Remeh Anemia Pada Ibu Hamil,- Anemia atau kurang darah merupakan penyakit yang bisa di derita oleh siapa saja tak terkecuali anak-anak. Anemia adalah penyakit yang dilatar belakangi oleh berkurangnya produksi sel darah merah.

Jangan Anggap Remeh Anemia Pada Ibu Hamil

Jangan Anggap Remeh Anemia Pada Ibu HamilPenelitian Pusponegoro dan Anemia World Map pada tahun 2012 menyebutkan 51% wanita hamil menderita anemia sehingga menyebabkan kematian hingga 300 jiwa per hari. Sementara, Asian Development Bank (ABD) mencatat pada 2012 sebanyak 22 juta anak Indonesia menderita anemia sehingga menyebabkan penurunan IQ.

Wanita hamil lebih berisiko menderita anemia, karena mereka memerlukan lebih banyak asam folat dan zat besi dari biasanya. Namun risiko akan lebih tinggi dalam situasi hamil dengan lebih dari satu anak, dua kelahiran berdekatan, muntah banyak karena morning sickness, kurang konsumsi makanan yang mengandung zat besi, mengalami masalah fisik dan psikis.

Kondisi anemia bisa mengganggu aktivitas seseorang, apalagi pada wanita hamil. Calon ibu yang sedang mengandung sering merasa lelah dan lesu karena energinya terserap oleh dua orang sekaligus. Anemia pada ibu hamil dapat menyebabkan beberapa keadaan sebagai berikut:

  • Kematian pada ibu
  • Keguguran
  • Gangguan persalinan
  • Daya tahan terhadap infeksi menjadi rendah
  • Gangguan pada produksi ASI

Akibat dari anemia pada ibu hamil selain meningkatkan risiko kematian pada ibu juga berdampak pada janin. Anemia pada ibu hamil dapat meningkatkan risiko berbahaya bagi janin, berikut adalah dampak berbahaya yang bisa terjadi pada janin :

  • Kelahiran dengan bobot yang rendah
  • Kelahiran prematur
  • Kematian pada janin

Anemia pada ibu hamil juga dapat memperberat kondisi ibu dengan penyakit sekunder, seperti ibu dengan penyakit diabetes atau dengan penyakit lainnya. Peran penting dari ibu, keluarga dan dokter sangat penting untuk dapat mencegah anemia pada ibu hamil. Dengan mengikuti diet asupan makanan yang cukup dapat membantu mencegah anemia pada ibu hamil.

Didukung juga dengan melakukan kunjungan Antenatal Care (Kunjungan kehamilan) maka anemia pada ibu hamil dapat di deteksi seawal mungkin dan dapat dilakukan penanganan yang sesuai.

Semoga artikel ini bermanfaat, salam sehat

Posted by Obat Penyakit Asma Bronkial

Baca juga : Obat Anemia Untuk Ibu Hamil

Jangan Anggap Remeh Anemia Pada Ibu Hamil

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *